Senin, 21 Januari 2013

10 Tipuan April Mop Terbaik di Dunia

Seperti yang kita ketahui media massa (baik itu cetak maupun elektronik) merupakan tempat yang kita percayai untuk mengetahui kejadian nyata di luar sana. Coba bayangkan jika media massa ikut andil dalam merayakan hari April Mop. Inilah 10 Hoax April Mop Terbaik di Dunia yang dikutip dari Museum of Hoaxes.
 

1. Panen Spaghetti di Swiss (1957)
Sebuah Program TV BBC, Panorama, melaporkan bahwa di musim dingin yang cukup tenang pada tahun itu, para petani wanita di Swiss tengah bergembira karena dapat memanen spaghetti dari pohon-pohon spaghetti di sebuah perkebunan. BBC kebanjiran panggilan yang tidak henti-hentinya dari pemirsa yang ingin mengetahui dimana bisa mendapatkan benih spaghetti dan cara menanamnya. Tentu saja hal ini hanyalah lelucon yang dibuat-buat, dan seperti kita ketahui spaghetti terbuat dari tepung dan air, bukan seperti yang digambarkan oleh Panorama.
 

2. Sidd Finch, Pitcher dengan Lemparan 168 mil/jam (1995)
Majalah Sport Illustrated menerbitkan sebuah cerita tentang seorang pitcher baru yang berencana akan bermain untuk Mets. Ia adalah Sidd Finch, ia dilaporkan dapat melempar bola dengan kecepatan 168 mil/jam (lemparan tercepat pitcher kurang lebih 100 mil/jam) dan dengan akurasi yang tepat. Walaupun ia tidak pernah bermain permainan ini sebelumnya akan tetapi dia di kabarkan telah menguasai "seni pitch" di biara Tibet dibawah bimbingan "Great Poet-Saint Lama Milaraspa". Para fans Mets pun berpesta ria atas ditemukan pemain berbakat itu dan Sport Illustrated kebanjiran permintaan untuk informasi lebih lanjut tentang Sidd. Dalam kenyataannya, pemain legendaris ini hanya ada dalam imajinasi sang penulis artikel, George Plimpton.


3. Ditemukannya Televisi Berwarna (1962)
Pada tahun tersebut, di Swedia masih hanya ada satu siaran TV, dan masih disiarkan dengan warna hitam putih. Pakar Teknis, Kjell Stensson muncul di berita dan mengumumkan berkat teknologi baru kini masyarakat telah dapat menikmati siaran TV berwarna hanya dengan cara alternatif "memasang stocking nilon pada TV mereka". Ribuan orang tertipu oleh lelucon tersebut. Pada akhirnya fasilitas TV berwarna baru dapat dinikmati masyarakat di tahun 1970.


4. Taco Liberty Bell (1996)
Perusahan makanan cepat saji, Taco Bell mengumumkan bahwa mereka telah memberi Liberty Bell (Lambang kemerdekaan Amerika) dan menganti namanya dengan "Taco Liberty Bell". Ratusan warga berdemontrasi di National History Park, Philadelphia. Beberapa Jam kemudian Taco Bell mengklaim hal tersebut hanyalah sebagai sebuah lelucon. Bagian terbaiknya adalah saat juru bicara Gedung Putih, Mike McCurry ditanya mengenai penjualan tersebut, dia menjawab bahwa "Lincoln Memorial" juga telah dijual dan diganti namanya menjadi "Ford Lincoln Mercury Memorial".


5.Tempat Liburan Indah di San Serriffe (1977)
Koran harian Inggris, The Guardian menerbitkan sampai tujuh halaman mengenai keindahan di San Serriffe, sebuah Negara Republik kecil di Samudra Hindia yang terdiri atas pulau-pulau yang berbentuk semicolon. Dalam artikel menjelaskan kondisi geografi, keindahan pulau dan kebudayaan dua pulau utamanya yaitu Upper Caisse dan Lower Caisse. Dengan ibukota bernama Bodoni dan pemimpinnya adalah "General Pica". Dalam sehari ratusan orang menelepon The Guardian untuk menanyakan informasi lebih lanjut tempat liburan yang indah tersebut. Keberhasilan April Mop ini membuat The Guardian didiskreditkan oleh masyarakat pada dekade tersebut.


6. Nixon For President (1992)
US National Public Radio, mengumumkan bahwa Richard Nixon, membuat sebuah kejutan dengan kembali mencalonkan diri sebagai presiden. Slogan kampanyenya adalah: ”I didn’t do anything wrong, and I won’t do it again”. Dalam pengumuman itu diperdengarkan rekaman dimana Richard terdengar berpidato akan keikutsertaannya dalam kampanye. Pemirsa yang marah segera menelpon ke radio tersebut, padahal ternyata suara yang direkam adalah suara Rich Little yang memang terkenal sebagai peniru suara.


7. Alabama Mengubah Nilai Pi (diameter keliling lingkaran) (1998)
Sebuah newsletter berjudul “New Mexicans for Science and Reason” berisi artikel Pemerintahan Alabama telah setuju untuk mengubah nilai konstan Pi dari 3,14159 menjadi bilangan bulat 3,0. Artikel yang di buat di internet dengan segera menyebar keseluruh penjuru penguna internet. Pemerintah Alabama kocar kacir menerima panggilan dari ratusan orang yang memprotes perundang-undangan itu. Padahal artikel itu dibuat untuk sebuah lelucon dalam membatasi pengajaran evolusi yang ditulis oleh Mark Boslough, seorang ahli fisika.


8. Burger untuk Orang Kidal (1998)
Burger King menerbitkan iklan satu halaman penuh di harian USA Today, mengumumkan hadirnya “Left-Handed Whopper” yang sengaja didesain untuk 32 juta orang kidal di Amerika. Menurut iklan tersebut, letak isi burger baru ini diputar 180 derajat dengan isi yang tetap sama dengan burger biasa, Keesokan harinya, jaringan Burger King mengumumkan hal tersebut hanya lelucon, mereka menerima ribuan pesanan untuk jenis burger baru mereka dan juga mendapat pesanan untuk jenis “right-handed".


9. Spesies baru di Antartika (1995)
Majalah Discover mengumumkan seorang ahli biologi terkenal bernama Dr Aprile Pazzo berhasil menemukan spesies baru di Antartika "The Hotheaded Naked Ice Borer" yang digambarkan seperti makhluk seperti pinguin dan dapat melaju dengan kecepatan tinggi di atas es. Setelah banyak penelitian oleh Dr Aprile Pazzo membuat sebuah teori bahwa kemungkinan hewan ini ikut bertanggung jawab atas kehilangan misterius yang dicatat dalam Antartika Philippe Poisson tahun 1837. Discover menyatakan bahwa lebih banyak menerima e-mail menanyakan artikel tersebut daripada semua artikel sejarah yang pernah di buatnya. (Buat anda yang masih belum mengerti, Aprile Pazzo adalah bahasa Italia untuk April Fool).


10. Gaya Grativasi Hilang Untuk Sementara Waktu (1976)
Pada tahun 1976, astronom terkenal Inggris, Patrick Moore, mengumumkan di radio BBC bahwa pada jam 9:47 pagi akan hadir fenomena yang cuman ada sekali seumur hidup. Pada saat itu Pluto akan lewat di belakang Yupiter sehingga akan mengakibatkan perubahan gravitasi hilang di bumi selama beberapa waktu. Moore berkata bahwa jika mereka melompat tepat pada jam tersebut, maka dia akan merasakan sensasi melayang di udara seperti yang dialami astronot di luar angkasa. Ratusan orang menelpon melaporkan merasakan sensasi unik ini. Bahkan ada seorang wanita melaporkan ia dan sebelas temannya telah bangkit dari kursi dan melayang disekitar ruangan.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar